Apa Sih Asuransi Kesehatan Cashless Itu?

Sekarang kami akan jelaskan mengenaiĀ Apa Sih Asuransi Kesehatan Cashless Itu?. Saat ini sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi kesehatan cashless. Sebenarnya, apakah yang dimaksud dengan cashless itu?

Apa Sih Asuransi Kesehatan Cashless Itu

Asuransi Kesehatan Cashless adalah asuransi kesehatan yang memberikan fasilitas rumah sakit rekanan (provider) bagi pesertanya sehingga jika peserta harus dirawat di salah satu rumah sakit rekanan, maka peserta yang bersangkutan akan dirawat di kelas kamar sesuai dengan plan yang diambil dan tidak perlu repot mengeluarkan uang pribadi-untuk deposit biaya kamar (yang biasanya cukup memberatkan, terutama di saat-saat darurat), plus biaya dokter, obat obatan, operasi, dan biaya lainnya, karena semua biaya ditanggung oleh asuransi kesehatan cashless hingga pasien keluar dari rumah sakit. Sebagai peserta asuransi kesehatan cashless, Anda akan diberikan kartu anggota, yang cukup ditunjukkan kepada RS rekanan.

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah semua asuransi kesehatan yang ada kartunya berarti adalah asuransi kesehatan cashless? Tentu saja tidak demikian, ada beberapa perusahaan asuransi kesehatan yang memberikan kartu kepada nasabahnya tetapi jika nasabah sakit, si nasabah tetap harus membayar dahulu semua biaya rumah sakit untuk kemudian di-reimburse kepada perusahaan asuransi. Untuk itu, sebagai calon nasabah, Anda harus jeli dan teliti sebelum membeli, pastikan kepada agen Anda bahwa yang ditawarkan adalah asuransi kesehatan cashless.

Apa Sih Asuransi Kesehatan Cashless Itu?

Di dalam asuransi kesehatan cashless, juga masih ada beberapa fasilitas, manfaat, dan komponen biaya pertanggungan yang perlu diketahui, karena sebagai nasabah, Anda layak untuk mendapatkan yang terbaik. Oleh karena itu, beberapa tips yang perlu Anda cermati sebelum membeli asuransi kesehatan cashless:

  1. Carilah asuransi kesehatan cashless yang masa pertanggungannya panjang (hingga usia di atas atau lebih dari 70 tahun) karena kondisi Anda justru semakin rentan dan membutuhkan biaya yang relatif besar untuk perawatan kesehatan pada saat usia Anda semakin uzur.
  2. Cari asuransi kesehatan cashless yang syarat minimum rawat inapnya berlaku kurang dari 24 jam.
  3. Cari yang pertanggungan biaya obat-obatannya sesuai tagihan, hal ini sangat diperlukan karena setiap tahun inflasi biaya kesehatan relatif tinggi.
  4. Cari yang pertanggungan biaya dokter umum maupun spesialisnya sesuai tagihan.
  5. Cari yang pertanggungan biaya operasi dan tindakan pembedahannya sesuai tagihan.
  6. Pastikan biaya konsultasi medis serta obat-obatan sebelum dan sesudah rawat inapnya sesuai tagihan karena biasanya biaya sebelum dan sesudah rawat inap cukup besar dan memberatkan Anda nantinya.
  7. Cari asuransi kesehatan cashless yang rumah sakit provider-nya banyak dan tersebar di seluruh Indonesia.
  8. Pastikan kepesertaan Anda dalam asuransi kesehatan cashless dapat diperpanjang apa pun kondisi kesehatan Anda saat nanti, artinya ada perjanjian tertulis di dalam polis yang menyatakan bahwa kepesertaan Anda dalam asuransi kesehatan cashless dapat diperpanjang.
  9. Gaya hidup, apabila Anda lebih memilih fasilitas kamar perawatan yang baik, maka disarankan membeli produk dengan manfaat kamar yang tinggi.
  10. Apabila Anda lebih memilih pergi ke luar negeri untuk perawatan rumah sakit, belilah produk dengan manfaat yang paling tinggi, dengan mempertimbangkan tingginya biaya perawatan di luar negeri.
  11. Untuk menghindari menanggung kelebihan biaya perawatan, gunakan kamar yang sesuai dengan kelas kamar yang ditanggung oleh produk yang Anda miliki.
  12. Pilih asuransi kesehatan yang memberikan manfaat rawat inap di luar negeri.

Demikian info terkait denganĀ Apa Sih Asuransi Kesehatan Cashless Itu?, semoga post kali ini membantu kalian. Mohon postingan ini disebarluaskan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Sumber: Jurus Pintar Asuransi, Sigma

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.