Beberapa Jenis Asuransi yang Ada di Dunia

Pembahasan kita sekarang yaitu Beberapa Jenis Asuransi yang Ada di Dunia. Dengan mengikuti asuransi, Anda bersedia membayar kerugian yang sedikit pada masa sekarang agar dapat menghadapi kerugian-kerugian besar yang mungkin terjadi pada masa yang akan datang.

Beberapa Jenis Asuransi yang Ada di Dunia

Misalnya dalam asuransi kebakaran, seseorang mengasuransikan rumah dan pabriknya atau tokonya kepada perusahaan asuransi. Orang tersebut harus membayar premi kepada perusahaan asuransi. Bila terjadi kebakaran, perusahaan asuransi akan mengganti kerugian-kerugian yang disebabkan oleh kebakaran itu.

Asuransi juga mencakup hal-hal lain yang mungkin perlu dilindungi atau dijamin, seperti pendidikan, kesehatan, kehilangan, dan sebagainya. Anda sendiri pasti pernah didatangi agen asuransi yang menawarkan berbagai macam asuransi, bukan?

Ada asuransi pendidikan untuk anak, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan bermotor, dan sebagainya. Tidak itu saja, dalam salah satu jenis asuransi, agen tersebut masih menawarkan beberapa macam lagi, yang menurutnya berguna untukAnda.

Seiring dengan perkembangan jaman, kebutuhan orang akan perlindungan menjadi kompleks. lnilah mengapa kemudian berbagai macam asuransi dibuat dan ditawarkan kepada masyarakat. Sebenarnya, ada berapa macam sih, asuransi itu?

Beberapa Jenis Asuransi yang Ada di Dunia

Usaha asuransi dapat dibagi menjadi beberapa macam, yaitu:

Dari segi sifatnya:

  1. Asuransi sosial atau asuransi wajib di mana keikutsertaannya adalah paksaan bagi warga negara. Asuransi sosial adalah program asuransi wajib yang diselenggarakan pemerintah berdasarkan UU. Maksud dan tujuan asuransi sosial adalah menyediakan jaminan dasar bagi masyarakat dan tidak bertujuan untuk mendapatkan keuntungan komersial. Contoh: Astek, Askes, Taspen, Asbri, dan lain-lain.
  2. Asuransi sukarela, dalam asuransi ini tidak ada paksaan bagi siapa pun untuk menjadi anggota. Jadi, setiap orang bebas memilih untuk menjadi anggota atau tidak. Contoh: PT Jiwasraya (BUMN), PT Jasa Indonesia (BUMN), dan lain-lain.

Dari segi objek dan bidang usahanya:

  1. Asuransi orang, yang meliputi asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, asuransi kesehatan, asuransi beasiswa, asuransi hari tua, dan lain-lain.
  2. Asuransi umum atau asuransi kerugian, terdiri dari asuransi untuk harta benda (properti, kendaraan), kepentingan keuangan (pecuniary), dan tanggung jawab hukum (liability). Misalnya asuransi kebakaran, pengangkutan barang, kendaraan bermotor, varia, penerbangan, dan lain-lain. Objek pertanggungan asuransi ini adalah harta atau milik kepentingan seseorang.
  3. Perusahaan re-asuransi umum, perusahaan asuransi yang bidang usahanya menanggung risiko yang benar-benar terjadi dari pertanggungan yang telah ditutup oleh perusahaan asuransi jiwa atau asuransi kerugian. Contoh: PT Re-Asuransi Umum, PT Askrindo, dan PT Maskapai Re-Asuransi Indonesia.
  4. Perusahaan asuransi sosial, perusahaan asuransi yang bidang usahanya menanggung risiko finansial masyarakat kecil yang kurang mampu. Perusahaan ini diselenggarakan oleh pemerintah. Contoh: Perum Taspen, PT Astek, dan PT Jasa Raharja.

Sekian informasi mengenai Beberapa Jenis Asuransi yang Ada di Dunia, kami harap post ini membantu kawan-kawan. Tolong postingan ini diviralkan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Sumber: Jurus Pintar Asuransi, Sigma

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.