Domain Produk Asuransi Kesehatan

Di postingan ini kami akan jelaskan tentangĀ Domain Produk Asuransi Kesehatan. Asuransi kesehatan di Indonesia merupakan hal yang relatif baru bagi sebagian besar penduduk Indonesia karena istilah asuransi kesehatan belum menjadi hal yang umum. Pemahaman tentang asuransi kesehatan masih sangat beragam. Pada pembahasan sejarah asuransi kesehatan, harus disepakati terlebih dahulu batasan asuransi kesehatan.

Domain Produk Asuransi Kesehatan

Di banyak buku teks asuransi, asuransi kesehatan mencakup produk asuransi kesehatan sosial maupun komersial. Asuransi kesehatan sosial adalah asuransi yang wajib diikuti oleh seluruh atau sebagian penduduk (misalnya pegawai), premi atau iurannya bukan nilai nominal tetapi persentase upah yang wajib dibayarkan, dan manfaat asuransi (benefit) ditetapkan peraturan perundangan dan sama untuk semua peserta.

Sedangkan asuransi kesehatan komersial adalah asuransi yang dijual oleh perusahaan atau badan asuransi lain, sifat kepesertaannya sukarela, tergantung kesediaan orang atau perusahaan untuk membeli dan preminya ditetapkan dalam bentuk nominal sesuai manfaat asuransi yang ditawarkan. Karena itu, premi dan manfaat asuransi kesehatan komersial sangat variatif dan tidak sama untuk setiap peserta.

Domain asuransi kesehatan mencakup berbagai program atau produk asuransi, yaitu penggantian uang atau pemberian pelayanan kesehatan yang disebabkan oleh penyakit, kecelakaan kerja, kecelakaan diri selain kecelakaan kerja, dan juga penggantian penghasilan yang hilang akibat menderita penyakit atau mengalami kecelakaan. Tampak bahwa objek asuransi kesehatan sangat luas.

Accident and health insurance

Asuransi kecelakaan diri dan asuransi kesehatan merupakan dua jenis asuransi yang berkaitan erat sekali sehingga lebih baik bila keduanya digabungkan menjadi satu.

1. Asuransi kecelakaan diri (personal accident insurancel)

Suatu jenis pertanggungan yang menjamin diri manusia sebagai objek pertanggungan. Sejumlah uang tertentu akan dibayarkan jika terjadi kematian, cacat tetap total, maupun perawatan / pengobatan sebagai akibat langsung dari kecelakaan. Asuransi kecelakaan diri di sini adalah bagian dari asuransi kerugian yang berbeda dengan asuransi jiwa.

2. Asuransi kesehatan

Sebuah jenis produk asuransi yang secara khusus menjamin biaya kesehatan atau perawatan para anggota asuransi tersebut jika jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Secara garis besar, ada dua mereka jenis perawatan yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan asuransi, yaitu rawat inap (in-patient treatment) dan rawat jalan (out-patient treatment).

Produk asuransi kesehatan biasanya diselenggarakan oleh perusahaan asuransi sosial, perusahaan asuransi jiwa, maupun juga perusahaan asuransi umum.

Sekian info mengenaiĀ Domain Produk Asuransi Kesehatan, semoga postingan ini mencerahkan kamu. Tolong artikel ini dishare biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Sumber: Jurus Pintar Asuransi, Sigma

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.