Jenis Asuransi Orang yang Ada di Indonesia

Sekarang saya akan bahas mengenaiĀ Jenis Asuransi Orang yang Ada di Indonesia. Asuransi Orang merupakan asuransi yang objeknya berkaitan dengan manusia. Yang termasuk asuransi orang yaitu asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, asuransi kesehatan, asuransi beasiswa, asuransi hari tua, dan lain-lain. Berikut ini beberapa penjelasan singkat terkait asuransi orang.

Jenis Asuransi Orang yang Ada di Indonesia

1. Asuransi Jiwa

Pada hakikatnya merupakan suatu bentuk kerja sama antara orang-orang yang menghindarkan atau mengurangi risiko yang diakibatkan oleh

  • risiko kematian (yang pasti terjadi tetapi tidak pasti kapan terjadinya),
  • risiko hari tua (yang pasti terjadi dan dapat diperkirakan kapan terjadinya, tetapi tidak pasti berapa lama), dan
  • risiko kecelakaan (yang tidak pasti terjadi, namun tidak mustahil terjadi).

Kerjasama dikoordinasi oleh perusahaan asuransi, yang bekerja atas dasar hukum bilangan besar (the law of large numbers), yang menyebarkan risiko kepada orang-orang yang mau bekerjasama.

2. Asuransi Kesehatan

Ini adalah sebuah jenis produk asuransi yang secara khusus menjamin biaya kesehatan atau perawatan para anggota asuransi tersebut jika mereka jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Secara garis besar, ada dua jenis perawatan yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan asuransi, yaitu rawat inap (in-patient treatment) dan rawat jalan (out-patient treatment).

Produk asuransi kesehatan ini diselenggarakan oleh perusahaan asuransi sosial, perusahaan asuransi jiwa, maupun juga perusahaan asuransi umum.

Di Indonesia, PT Askes Indonesia merupakan salah satu perusahaan asuransi sosial yang menyelenggarakan asuransi kesehatan kepada para anggotanya, yang utamanya merupakan para pegawai negeri, baik sipil maupun non-sipil. Anak-anak mereka juga dijamin sampai dengan usia 21 tahun. Para pensiunan beserta istri ataupun suami juga dijamin seumur hidup.

3. Asuransi / Dana Pensiun

Menjadi tua itu pasti. Tetapi dalam kondisi seperti apa masa tua itu nantinya, tentu masih menjadi pertanyaan karena berada dalam ketidakpastian. Itulah mengapa diperlukan perencanaan hidup, salah satunya dengan perencanaan finansial untuk masa pensiun, agar hidup tetap terjamin dan tidak membebani orang lain.

Merencanakan tabungan hari tua sebaiknya dilakukan sebelum masa produktif berakhir, yaitu pada umur 50-an tahun. Sebab di masa tua, kita sudah tak mampu bekerja keras lagi. Asuransi dan dana pensiun adalah salah satu bentuk investasi untuk menjamin hari tua. Memiliki asuransi sama halnya dengan mengalihkan biaya yang harus kita keluarkan menjadi tanggungan pihak asuransi.

Sekian informasi berkaitan denganĀ Jenis Asuransi Orang yang Ada di Indonesia, kami harap artikel ini membantu kalian. Saya Berharap artikel ini diviralkan agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Sumber: Jurus Pintar Asuransi, Sigma

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.